Kamis, Januari 07, 2010

Upaya Singkirkan Dolar

Inggris-Negara-negara Arab telah melakukan pembicaraan rahasia dengan Rusia, Cina, Jepang dan Perancis untuk mengganti dolar AS dalam perdagangan minyak dunia. Hal ini terungkap dalam laporan koran berpengaruh Inggris, The Independent.


"Rapat rahasia telah dilakukan oleh menteri keuangan dan gubernur bank sentral di Rusia, Cina, Jepang dan Brazil, yang berarti bahwa minyak tidak akan lagi dihargai oleh dolar," kata laporan tersebut.

Meredupnya pamor dolar AS dalam perdagangan minyak dunia kian terasa dalam beberapa bulan ini. Rencananya, dolar akan segera digantikan oleh beberapa mata uang yang lain seperti yen Jepang dan yuan Cina, Euro, emas dan mata uang negara-negara  Teluk, termasuk Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Qatar.

Menurut The Independent, AS sadar akan pertemuan tersebut tapi belum menemukan rincian dan detilnya. Dan mereka yakin dapat memerangi “komplotan rahasia internasional ini”. Berita ini kian memperburuk kondisi dolar AS yang sudah sakit-sakitan. Ini menunjukkan bahwa bank sentral, bukan hanya di Asia, telah mencari cara untuk menjauh dari dolar,” tulis Robert Fisk, koresponden The Independent.

Memang, beberapa tahun yang lalu, Iran mulai menyelesaikan sebagian besar ekspor minyak mentahnya dalam mata uang non-dolar, terutama Euro. Namun harga minyak dunia sebenarnya masih diatur dalam dolar AS. (Chairul Akhmad)

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: