Senin, Maret 22, 2010

TEKANAN
 
TEKANAN PADA ZAT PADAT
Tekanan adalah hasil bagi antara gaya tekan dengan luas bidang tempat gaya itu bekerja. Tekanan dinyatakan dalam satuan newton / m2 = N/m2 atau Pascal (Pa).
Rumus tekanan :
P = F / A atau F = P.A
Keterangan :
F = gaya tekan, satuannya newton ( N )
A = luas bidang sentuh, satuannya : m2
P = tekanan, satuannya : N / m2 atau Pascal (Pa)
Besarnya tekanan sebanding dengan besarnya gaya dan berbanding terbalik dengan luas bidang tekannya. Ini berarti semakin besar gayanya semakin besar tekanannya, semakin luas bidang tekannya, semakin kecil tekanannya.
Misalnya itik dapat berjalan di atas tanah yang lembek, karena kaki itik berselaput. Kaki berselaput menyebabkan luas permukaan kaki itik lebih besar dibandingkan dengan kaki ayam, akibatnya tekanan yang diberikan itik lebih kecil.

Hukum Archimides Pada Tekanan Dalam Zat Cair

Zat cair memiliki sifat-sifat yang unik berbeda dengan jenis zat yang lain. Di bawah ini merupkan penjelasan dasar mengenai hukum archimides pada pelajaran fisika.
A. Bunyi Hukum Archimides
Benda yang dicelupkan atau dimasukkan sebagain ataupun seluruhnya ke dalam suatu cairan akan mendapatkan gaya ke atas sebesar zat cair yang didesak oleh benda yang dicelupkan atau dimasukkan tadi.
B. Kesimpulan Yang Dapat Ditarik
- Zat cair memiliki gaya tekan ke atas. Perahu dapat mengambang karena ada gaya tekan ke atas dari zat cair. Tanpa adanya daya tekan ke atas maka manusia tidak akan mungkin dapat berenang di air.
- Zat cair menekan ke segala arah. Zat cair akan memberi tekanan ke semua arah yang ada dengan besar yang sama. Apabila ember yang berisi air kita beri lubang di banyak tempat maka terlihat bahwa air mengucur dari semua lubang yang ada.
- Tekanan zat cair bergantung pada kedalamannya. Semakin dalam seorang penyelam menyelam di dalam laut, maka semakin besar pula tekanan air yang menekan tubuh penyelam yang mampu mempengeruhi metabolisme tubuh penyelam.
 percobaan torricelli

Evangelista Torricelli 's orang tua yang Gaspare Torricelli dan Caterina Angetti. Ini adalah keluarga miskin dengan adil Gaspare menjadi pekerja tekstil. Evangelista adalah sulung dari tiga orang tua anak-anak, memiliki dua adik ipar setidaknya salah satu yang ikut terlibat bekerja dengan kain. Adalah sangat kepada orang tua mereka melihat bahwa kredit yang telah mereka anak sulung dan bakat luar biasa, kurang sumber daya untuk menyediakan pendidikan bagi orang itu sendiri, mereka utus dia kepada paman Camaldolese yang adalah seorang pastor. Jacopo saudara melihat Evangelista yang diberikan suara pendidikan sehingga dia cukup lama untuk memasukkan Jesuit sekolah.
Torricelli memasuki Jesuit College di 1624 dan belajar matematika dan filosofi sana sampai 1626. Ini jelas tidak sepenuhnya di College yang dia belajar, dengan sebagian besar sejarawan percaya bahwa dia hadir di Jesuit College di Faenza, sedangkan beberapa percaya bahwa dia memasuki Collegio Romano di Roma. Apakah diragukan bahwa kasus tersebut setelah belajar di Jesuit College dia maka di Roma. Beberapa fakta yang jelas, yaitu bahwa Torricelli ayahnya meninggal pada 1626 atau sebelum dan ibunya yang dipindahkan ke Roma untuk hidup dia pasti ada di 1641 pada saat kematiannya. Torricelli's dua saudara-saudara juga dipindahkan ke Roma dan kembali kami mengetahui dengan pasti bahwa mereka tinggal di sana 1647. Acara yang paling mungkin terlihat bahwa setelah Gaspare Torricelli meninggal, Caterina dan dua anak-anak muda dipindahkan ke Roma untuk Evangelista dengan baik yang sudah ada atau hidup tentang yang pindah ke kota.
Pada Jesuit College Torricelli menunjukkan bahwa ia telah beredar bakat dan paman, Brother Jacopo, diatur baginya untuk belajar dengan Benedetto Castelli. Ini, seperti yang Jacopo adalah seorang biarawan Camaldolese, diajarkan di Universitas Agung di Roma. Agung adalah nama bangunan yang Universitas Roma diduduki saat ini dan memberi nama Universitas. Tidak ada bukti yang Torricelli sebenarnya terdaftar di universitas, dan hampir yakin bahwa dia hanya diajar oleh Castelli pengaturan sebagai pribadi. Serta diajar matematika, mekanik, hidrolika, dan astronomi dengan ini, ia menjadi Torricelli sekretaris dan diadakan ini dari 1626 ke 1632. Hal ini juga merupakan pengaturan yang berarti bahwa dia bekerja untuk Castelli dalam pertukaran untuk dia menerima uang. Lama kemudian, ia mengambil alih Castelli's mengajar ketika dia absen dari Roma.
Ada apa masih ada surat yang Torricelli wrote ke Galileo pada 11 September 1632 dan kami memberikan beberapa informasi berguna tentang kemajuan Torricelli's ilmiah. Galileo telah ditulis untuk Castelli tetapi, sejak Castelli telah pergi dari Roma pada saat itu Sekretaris Torricelli wrote ke Galileo untuk menjelaskan fakta ini. Torricelli ambisius adalah pemuda dan dia sangat dikagumi Galileo, sehingga dia mengambil kesempatan untuk menginformasikan Galileo dari matematika bekerja sendiri. Torricelli dimulai oleh Galileo Galileo bahwa dia adalah seorang profesional dan matematika yang ia pernah belajar klasik teks dari Apollonius, Archimedes dan Theodosius. Dia juga membaca hampir semua yang kontemporer Brahe hebat matematika, Kepler dan Longomontanus dan telah ditulis, dia mengatakan kepada Galileo, dia yakin dengan teori Copernicus bahwa Bumi bergulir sepanjang matahari. Selain itu, dia dengan hati-hati belajar Dialog Menyangkut Kepala Dua Sistem Dunia - Ptolemaic dan Copernican Galileo yang telah dipublikasikan sekitar enam bulan sebelum nya wrote Torricelli huruf.
Sudah jelas dari surat yang telah Torricelli kagum dengan astronomi dan pendukung yang kuat sebagai Galileo. Namun Inkuisisi dilarang penjualan dari Dialog dan memerintahkan Galileo untuk muncul di Roma sebelum mereka. Setelah Galileo's percobaan di 1633, Torricelli menyadari bahwa ia akan berbahaya pada tanah yang ia melanjutkan dengan kepentingan dalam teori Copernican sehingga dia perhatian kita sengaja dialihkan ke bidang matematika yang nampaknya kurang kontroversial. Selama sembilan tahun berikutnya ia menjabat sebagai Sekretaris untuk Giovanni Ciampoli, teman Galileo, dan mungkin beberapa profesor. Kami tidak tahu di mana Torricelli tinggal selama periode ini, tetapi, sebagai Ciampoli menjabat sebagai gubernur beberapa kota di Umbria dan Marches, kemungkinan bahwa dia tinggal untuk periode di Montalto, Norcia, San Severino dan Fabriano.
1641 oleh Torricelli telah menyelesaikan banyak pekerjaan yang dia publikasikan tiga bagian sebagai Opera geometrica di 1644. Kami akan memberikan rincian lebih lanjut ini kemudian bekerja di biografi ini, tetapi untuk saat ini kami tertarik untuk kedua dari tiga bagian De Motu gravium. Ini dijalankan pada dasarnya mengembangkan Galileo 's belajar dari Parabolic gerakan proyektil yang telah muncul di Wacana matematika dan kedua demonstrasi tentang ilmu baru diterbitkan di 1638. Tentu Torricelli di Roma pada awal 1641 ketika dia diminta untuk Castelli menurut pendapatnya tentang De Motu gravium. Castelli sangat terkesan bahwa ia menulis kepada Galileo sendiri, saat ini tinggal di rumahnya di dekat Florence Arcetri, lebih dari kejauhan oleh petugas dari Inkuisisi . Pada bulan April 1641 Castelli perjalanan dari Roma ke Venesia dan, di jalan, berhenti di Arcetri Galileo untuk memberikan salinan Torricelli's naskah dan menunjukkan bahwa ia bekerja sebagai asisten dia.
Torricelli tetap di Roma sementara Castelli adalah pada perjalanan dan ia memberi ceramah di tempat. Meskipun Galileo ini sangat antusias untuk memiliki Torricelli's bantuan ada penundaan sebelum ini bisa terjadi. Di satu sisi Castelli tidak kembali ke Roma untuk beberapa waktu, sedangkan kematian ibu Torricelli lebih lanjut ia keberangkatan tertunda. Pada tanggal 10 Oktober 1641 Torricelli tiba di Galileo 's Arcetri di rumah. Dia tinggal di sana dengan Galileo dan juga dengan Viviani yang telah membantu Galileo. Ia hanya memiliki beberapa bulan dengan Galileo, Namun, sebelum ilmuwan yang terkenal meninggal pada Januari 1642. Menunda kedatangannya ke Roma untuk sementara setelah Galileo meninggal, Torricelli ditunjuk sebagai Galileo berhasil ke pengadilan matematika untuk Grand Duke Ferdinando II dari Tuscany. Dia tidak menerima judul Mahkamah Filsuf ke Grand Duke yang Galileo juga diadakan. Dia diadakan ini sampai kematiannya yang tinggal di istana berkenaan dgn duke di Florence.
Dalam melihat Torricelli's pencapaian pertama kita harus memasukkan matematika bekerja dalam konteks. Murid lain dari ini, Bonaventura Cavalieri, diadakan rapat matematika di Bologna. Cavalieri itu teori indivisibles di Geometria indivisibilis continuorum baru diterbitkan pada 1635. Metode adalah pengembangan Archimedes' metode kelelahan memasukkan Kepler 's teori infinitesimally geometris jumlah kecil. Ini teori Cavalieri diperbolehkan untuk menemukan, dalam sebuah cara mudah dan cepat, kawasan dan volume berbagai geometris angka. Torricelli belajar metode yang diusulkan oleh Cavalieri dan di pertama curiga dari mereka. Namun, ia segera menjadi yakin bahwa metode ini adalah benar kuat dan mulai mengembangkan dirinya lebih lanjut. Bahkan ia digunakan kombinasi yang baru dan cara-cara lama, menggunakan metode indivisibles untuk mengetahui hasil itu, tetapi sering memberikan bukti geometris klasik mereka. Dia memberikan ini karena ia tidak meragukan kebenaran dari metode indivisibles, bukan karena dia ingin memberikan bukti:
... biasa sesuai dengan metode kuno geometers ...
sehingga pembaca tidak terbiasa dengan metode baru akan tetap yakin dari kebenaran dari hasil.
Dengan 1641 ia telah terbukti sejumlah hasil impresif menggunakan metode yang ia akan menerbitkan tiga tahun kemudian. Dia diperiksa tiga dimensi angka yang diperoleh oleh rotasi biasa poligon tentang sebuah poros dari simetri. Torricelli juga Computed daerah dan pusat dalam cycloid berat. Itu adalah hasil yang luar biasa, Namun, hasil dari perpanjangan Cavalieri 's metode indivisibles untuk menutupi indivisibles bengkok. Dengan alat ini dia mampu menunjukkan bahwa memutar tombol unlimited kawasan yang hiperbola segi empat antara sumbu-y dan tetap pada jalur melengkung, menghasilkan volume terbatas diputar ketika tiba di sumbu-y. Perhatikan bahwa kami telah menyatakan hasil ini dalam notasi modern dari koordinat geometri yang sama sekali tidak tersedia untuk Torricelli. Hasil terakhir ini, seperti dijelaskan dalam:
... sebuah batu permata dari literatur matematika dari waktu ...
dianggap secara rinci di tempat itu adalah bahwa, segera setelah publikasi pada 1644, hasil aroused besar minat dan kagum karena pergi total terhadap intuisi yang hebat matematika dari periode.
Kami disebutkan Torricelli's hasil pada cycloid dan ini mengakibatkan sengketa antara dia dan Roberval. Artikel membahas:
... surat tanggal Oktober 1643, dengan mendapat Torricelli yang berhubungan dengandan laporan kepadanya tentang itu dan pada hasil dari pusat gravitasi dari parabola, yang semigeneral parabola, permukaan yang cycloid dan sejarahnya, solid yang dihasilkan dari revolusi oleh berbentuk kerucut dan hiperbolis akut solid. Roberval
Kami juga harus dicatat denda kontribusi lain yang dibuat oleh Torricelli adalah dalam menyelesaikan masalah karena Fermat ketika dia menentukan titik di pesawat dari segi tiga sehingga jumlah yang jauh dari vektor adalah minimum (dikenal sebagai pusat dari isogonic segitiga). Kontribusi ini, dijelaskan secara rinci dalam, adalah yang diringkas dalam karya sebagai berikut:
Sekitar 1640, Torricelli tipu daya yang geometris solusi untuk masalah, maksudnya pertama dirumuskan pada awal 1600 oleh Fermat s: 'diberikan tiga poin dalam pesawat, menemukan keempat jalur tersebut yang jumlah jarak yang ke tiga poin yang diberikan adalah sebagai kecil mungkin '.
Torricelli adalah orang pertama yang membuat kekosongan dan berkesinambungan untuk menemukan prinsip dari barometer. Pada 1643 ia diusulkan percobaan, kemudian dilakukan oleh rekan Vincenzo Viviani, yang menunjukkan bahwa tekanan atmosfera menentukan tinggi mana cairan akan meningkat dalam tabung terbalik atas sama cair. Konsep ini menyebabkan pembangunan barometer. Torricelli menulis surat kepada teman Michaelangelo Ricci, seperti yang telah dia seorang mahasiswa ini, pada tanggal 11 Juni 1644. Pada tahap ini adalah Torricelli di Florence, menulis kepada teman Ricci yang telah di Roma.
Saya telah disebut perhatian untuk eksperimen filosofis tertentu yang sedang berlangsung ... yang berkaitan dengan kekosongan, tidak hanya dirancang untuk membuat satu kekosongan tetapi untuk membuat suatu instrumen yang akan memperlihatkan perubahan dalam suasana yang berat dan kadang-kadang rapat dan di lain kali ringan dan tipis. Banyak yang berpendapat bahwa tidak ada kekosongan, klaim itu ada orang lain hanya dengan kesulitan dalam Walaupun ada ketidakseimbangan alam; Aku tidak tahu dari klaim yang satu dengan mudah tanpa ada perlawanan dari alam.
Apakah ada sebuah vakum adalah pertanyaan yang telah argumen atas selama berabad-abad. Aristoteles hanya satu kekosongan yang diklaim merupakan kontradiksi logis, tetapi dengan kesulitan ini telah dipimpin ilmuwan Renaissance untuk mengubah ini untuk mendakwa bahawa 'alam abhors satu kekosongan' yang sejalan dengan orang-orang yang beriman Torricelli menyarankan satu kekosongan walaupun ada 'yang ketidakseimbangan alam '. Galileo telah melakukan percobaan bukti bahwa hanya isapan pompa dapat meningkatkan air oleh sekitar sembilan meter tetapi harus diberikan penjelasan yang salah berdasarkan "memaksa dibuat oleh kekosongan". Torricelli kemudian dijelaskan percobaan dan memberikan untuk pertama kalinya penjelasan yang benar:
Kami telah membuat banyak kapal kaca ... tabung dengan dua hasta panjang. Ini telah diisi dengan air raksa, yang membuka akhir ditutup dengan jari, dan tabung tersebut kemudian terbalik di sebuah kapal di mana ada derajat. .. Kami melihat bahwa ruang yang kosong dibentuk dan apa-apa yang terjadi di kapal ini ruang di mana dibentuk ...Saya mengklaim bahwa kekuatan yang tetap menggunakan air raksa dari eksternal dan jatuh adalah bahwa kekuatan berasal dari luar tabung. Pada permukaan yang derajat yang bersandar di mangkuk berat kolom dari lima puluh mil dari udara. Apakah yang mengherankan ke dalam kapal, di mana suhu tidak memiliki keinginan dan tidak ada kebencian, bahkan tidak sedikit pun, untuk yang ada, seharusnya harus naik dan masukkan dalam kolom yang cukup tinggi untuk membuat keseimbangan dengan berat eksternal udara yang memaksa itu sampai?
Dia berusaha untuk memeriksa kekosongan yang dia dapat membuat dan menguji apakah suara dalam perjalanan vakum. Dia juga mencoba untuk melihat apakah serangga dapat hidup dalam vakum. Namun ia tampaknya tidak berhasil dengan percobaan ini.
Dalam De Motu gravium yang dimuat sebagai bagian dari Torricelli's 1644 Opera geometrica, Torricelli juga membuktikan bahwa aliran cair melalui pembukaan adalah proporsional ke akar kuadrat dari ketinggian cair, sehingga sekarang dikenal sebagai Teorema Torricelli's. Ianya merupakan satu lagi kontribusi luar biasa yang telah menyebabkan beberapa menunjukkan bahwa hasil ini membuat dia pendiri hidrodinamika. Juga di De Motu gravium Torricelli belajar gerakan peluru. Ia mengembangkan Galileo 's gagasan pada Parabolic Lintasan dari proyektil diluncurkan secara horizontal, memberikan sebuah teori untuk meluncurkan proyektil di setiap sudut. Dia juga memberikan angka tabel yang akan membantu menemukan artileri yang benar ketinggian mereka ngga yang diperlukan untuk memberikan jangkauan. Tiga tahun kemudian dia menerima surat dari Renieri dari Genoa yang diklaim bahwa ia telah melakukan beberapa percobaan yang bertentangan dengan teori Parabolic lintasan. Kedua corresponded pada topik Torricelli dengan teori yang mengatakan bahwa beliau adalah sebenarnya berdasarkan mengabaikan efek tertentu yang akan membuat percobaan data sedikit berbeda.
Torricelli besar tidak hanya mempunyai keterampilan dalam bekerja teori tetapi ia juga telah banyak keahlian sebagai pembuat instrumen. Dia yang terampil lensa penggiling, dan membuat mengenai teleskop kecil yang sangat baik, fokus pendek, sederhana microscopes, dan ia tampaknya telah belajar teknik ini selama waktu dia tinggal dengan Galileo. Gliozzi menulis di:
... salah satu Torricelli's teleskop lensa ... telah diuji pada tahun 1924 ... menggunakan sinar jeruji. Ia ditemukan istimewa dari kecakapan, SOS banyak sehingga satu wajah yang dianggap telah machined lebih baik dari mirror mengambil referensi permukaan ...
Bahkan ia membuat banyak uang dari keahlian dalam lensa parah dalam periode terakhir dari hidupnya di Florence dan Grand Duke dia banyak memberi hadiah untuk kembali dalam instrumen ilmiah.
Sebagian besar Torricelli's matematika dan ilmiah telah bekerja tidak selamat, terutama karena ia diterbitkan hanya satu kami bekerja sebagaimana dimaksud di atas. Selain huruf yang telah bertahan yang kami kirim fakta penting tentang pencapaian itu, kami juga memiliki beberapa ceramah yang dia berikan. Tersebut dikumpulkan dan diterbitkan setelah kematiannya dan termasuk satu dia berikan saat dia terpilih untuk Accademia della Crusca pada 1642 dan tujuh orang lain yang diberikan kepada Akademi selama beberapa tahun ke depan. Salah satu hal tersebut adalah pada angin dan penting untuk kembali Torricelli pertama adalah untuk memberikan penjelasan ilmiah yang benar ketika ia menyatakan bahwa:
... angin yang dihasilkan oleh perbedaan dari suhu udara, dan dengan itu kepadatan, antara dua daerah di bumi.
Kami disebut di atas untuk argumen antara Torricelli dan Roberval mengenai cycloid, dan di 1646 Torricelli mulai berkumpul bersama yang berhubungan yang telah berlalu di antara dua topik. Adalah jelas bahwa Torricelli adalah pria yang jujur merasa bahwa ia diperlukan untuk mempublikasikan bahan untuk menyampaikan kebenaran kepada dunia. Tidak ada keraguan bahwa kedua besar yang hebat matematika telah dibuat mirip penemuan tentang cycloid tetapi tidak telah dipengaruhi oleh gagasan lain. Namun, sebelum dia menyelesaikan tugas persiapan yang berhubungan untuk publikasi Torricelli dikontrak penyakit tipus pada Oktober 1647 meninggal beberapa hari kemudian di muda usia 39 sementara di prima sebagai penelitian matematika dan ilmuwan.
Jam sebelum kematiannya dia mencoba untuk memastikan bahwa ia tidak diterbitkan Mushaf dan huruf diberikan kepada seseorang untuk mempersiapkan untuk publikasi dan dia dipercayakan kepada mereka teman Ludovico Serenai. Setelah tidak Castelli maupun Michelangelo Ricci akan melakukan tugas dan Viviani walaupun tidak setuju untuk menyiapkan bahan untuk publikasi ia gagal untuk menyelesaikan tugas. Beberapa Torricelli's Mushaf hilang dan ia tidak sampai 1919 sisa bahan yang dimuat sebagai Torricelli telah diinginkan. Nya dikumpulkan diterbitkan bekerja dengan Gino Loria dan Giuseppe Vassura sebagai editor, tiga volume yang diterbitkan di keempat 1919 dan 1944 volume di hampir 300 tahun setelah kematian Torricelli. Sayangnya bahan kiri dengan dia, bearing tanda tangan sendiri, telah hancur di Torricelli Museum di Faenza di 1944.
Torricelli's luar biasa kontribusi yang berarti dia tinggal dia pasti akan lain telah beredar penemuan matematika. Koleksi paradoxes yang tidak patut timbul melalui penggunaan kalkulus baru yang ditemukan dalam Mushaf dan menunjukkan kedalaman pemahaman itu. Bahkan ia memang telah membuat kontribusi yang tidak akan pernah diketahui, untuk lengkap gagasan itu tidak pernah tercatat dengan benar.

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: