Senin, April 12, 2010


Dalam mitologi umumnya ada aspek seperti ini (menurut buku hero with thousand faces karya joseph campbell plus tambah dari research gw):
-mitologi penciptaan
-trinitas (biasanya menggambarkan sosok ayah-ibu-anak)
-dewi kesuburan (berkaitan dengan diatas, contoh paling umum adalah Venus, tapi di berbagai mitologi, dewi perempuan emang seringnya menjadi dewi kesuburan)
-seorang karakter hero/mesias yang bertualang-mati-hidup kembali (biasanya ada juga pendampingnya). Di beberapa mitologi, sang hero biasanya lahir dari perempuan/dewi virgin, dan tidak umum, dipasangkan dengan ibunya sebagai kekasihnya (contoh: ishtar-tammuz, babilonia)
-banjir besar (kayanya jaman dulu ada banjir global, tapi ini terjadi di beberapa ribu tahun sebelum masehi)
-trickster god (biasanya adalah dewa yang ambivalen, kadang baik, kadang jahat. misalnya adalah ular dalam mitologi yahudi yang memberikan pengetahuan pada manusia, paralel dengan prometheus yang memberikan cahaya bagi manusia)
-cewe diculik (lihat andromeda yang ditolong perseus)


sejauh ini research gw pada mitologi jawa kuno/indonesia pada umumnya mengalami jalan buntu karena gw nyaris ga menemukan sama sekali literatur kisah penciptaan atau epos serupa di folk tales negara kita. yang ada gw malah nemuin cerita mistisme macam sundel bolong, kuntilanak, pocong, genderuwo, etc etc, walau sebenarnya hantu2 ini pun mungkin asih bisa kita cari relasinya dengan mitologi2 kuno dari daerah lain. Kuntilanak misalnya, secara kasar masi bisa kaitin sebagai manifestasi dari "queen of underworld", kalau di greek myth kita menemukan hades dan persephone, tapi jauh sebelum itu ada queen of underworld bernama Ereshkigal.

dewa dewi mitologi yang gw tahu dari jawa kuno cuma gw tahu dari tradisi mulut ke mulut, misalyna:
-Ibu Pertiwi = kayanya personifikasi ibu bumi/dewi pertanian, muncul di lagu2 pas SD (?). paralel dengan dewi macam cybele/gaia/rhea
-sang Hyang = supreme deity, percampuran Allah dengan dewa lokal-kah?
-Mata Hari = Hari kemungkinan besar versi lokal dari "Horus" dewa matahari mesir, yang dalam mitologi mesir, salah satu matanya adalah matahari
-Bulan = yang gw tahu, ini asalnya adalah dewi dari Filipina

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: