Senin, Juni 21, 2010

Cafero, Robot Pembuat Kopi


Robot Pemain Rubik, Asli keren






Dibeberapa postingan saya sebelumnya, saya sering menyinggung tentang rubik. Entah itu alarm rubik atau rubik yang aneh. Dan yang paling saya benci dari rubik adalah saya tidak pernah bisa nyelesaikan rubik yang sudah saya “hancurkan” Nah, ternyata ada juga yang mengerti dengan masalah yang saya hadapi.
Free Image Hosting At ImageCows.Net





Tapi sayangnya,, wajahnya kok datar

Kawasaki, sebuah perusahaan elektronik di Jepang (kirain Kawasaki cuma bisa buat motor ternyata gak dink!!) membuat sebuat robot yang mampu menyelesaikan Rubik. Robot ini dikenalkan di PAmeran Robot TEPIA exhibition di Tokyo.Nama robot ini adalah Cube-Kun. Tidak seperti Asimo yang memiliki wajah “agak cakep”, Cube-kun memiliki wajah berupa layar datar. Jika Anda memberinya sebuah rubik yang berantakan, ia akan mengenalinya lalu menampilkannya di layar. Setelah itu ia akan berpikir berapa saat dan siap menyelesaikan rubik ni.

Gila bukan, saya saja yang mengenal rubik dari smp gak pernah bisa nyelesaiin. Robot ini tentunya mempunyai teknologi image processing yang sangat hebat. Belum lagi lengan robotnya yang mampu mengatur putaran sesuai dengan sisi rubik yang diminta. Hayoo ngaku.. siapa lagi yang ngerasa dikalahin sama robot ini dalam urusan rubik?? Atau jangan-jangan bingung duluan cari yang gratisan. halah gak nyambung, yang penting ping pong hehehe




Mesin Ketik Bekas disulap Menjadi Robot

Dijamannya, mesin ketik adalah idola bagi para penulis. Dijaman teknologi seperti saat ini, mesin ketik mungkin hanya digunakan oleh orang tertentu saja (contohnya untuk praktikum di kampus saya, beneran lho.. masih ada yang WAJIB pakai mesik ketik). Tapi tenang aja bos,, saya tidak akan mengajari cara mengetik sepuluh jari dengan mesin ketik atau tips mengetik cepat.

Adalah Jeremy Mayer, seorang dari kota Iowa, yang telah memulai berkarya dengan mesin ketik mulai tahun 1994. Karya Jeremy ini antara lain adalah beberapa robot yang keren. Robot-robot ini dibuat dari mesin ketik yang telah dikanibal. Tapi jangan salah lho.. hasilnya sangat keren.. Kayak android. Lihat aja gambar dibawah ini.







 

Robot Sekretaris nan Seksi






Ini adalah pembuktian bahwa manusia benar-benar terobsesi menciptakan robot android. Setelah beberapa waktu yang lalu muncul robot-robot android seperti Asimo, kini muncul robot android (mirip manusia) baru yang siap menjadi sekretaris anda. sekretaris seksi ini bernama Phorone. Phorone tapil dengan rok mini dan terlihat sangat anggun. Ia memiliki tinggi yang cukup ideal untuk ukuran sekretaris, 175 cm. Potongan rambut Phorone juga cukup keren untuk ukuran android. Tapi yang saya bingung, si Phorone ine sebenarnya matanya minus berapa ya? kok dia pakai kacamata segala. Phorone yang seksi ini dapat “hidup” dengan tenaga dari udara bertekanan tinggi.Ia juga dapat memberikan senyum manis kepada orang yang disapanya. Nah ini bagian buruknya. Sayangnya, Phorone ini tidak akan disewakan alias baru sekedar prototype. Makanya, puas-puaskan melihat wajah phorone yang cantik, karena anda pasti akan rindu dengannya. 



E.M.A Robot yang Suka Mencium






Satu lagi robot yang berbau saru. Namanya EMA (Eternal, Maiden, Actualization). Robot ini dibuat oleh perusahaan game ternama SEGA. EMA sendiri baru akan dirilis oleh SEGA pada 26 Desember 2008. EMA ini memiliki ukuran imu, hanya memiliki tinggi 38 cm. Ema memiliki kaki, lengan, dan siku yang bisa bergerak. Ia memiliki gerakan yang anggun (katanya) dan mirip perempuan (katanya juga). Ema sangat cocok untuk diletakkan di meja kantor dan menemani anda becanda saat anda stress kerja.


Ia dapat bernyanyi, menari mengambilkan kartu nama anda dan bahkan bisa mencium anda. Untuk bisa diciun oleh si E.M.A ini, anda harus mendekatkan kepala anda ke wajah mungilnya. Karena si EMA dilengkapi dengan sensor infrared, maka ia bisa menghindari halangan di meja anda. Si EMA ini nantinya akan dijual dengan harga $175 tapi hanya di Jepang.

REEM-B robot Humanoid dari Abu Dhabi





Rupanya distribusi kekuatan robotik kian merata. Bukan hanya Jepang dan Amerika yang jago bikin robot. Kini Pal Technology yang bermarkas di Abu Dhabi juga mengenalkan robot humanoid. Robot yang diberi nama REEM-B ini memiliki tinggi 1.47 meter, mampu berjalan dengan kecepatan kelambatan 1.5 KM/jam, bisa duduk, memegang botol minuman, mengangkat benda seberat s/d 12 kg. Robot prototype ini juga mampu mengenali wajah manusia. [engadget]


Pal Tchnology
sendiri adalah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Mulai dari Desalinasi air, transmisi air, keamanan, CCTV, dan utamanya menyediakan air segar.  

Acrobots: Robot Pemain Akrobat





Robot main akrobat? maka jadilah akrobot. Tapi ini bukan robot beneran lho.. Robot-robot ini hanya hiasan lucu. Kaki mainan ini dilengkapi dengan persendian agar bisa ditekak-tekuk. Bagian telapak kaki dilengkapi dengan magnet agar bisa menempel di kaki temannya seperti layaknya pemain akrobat. Akrobot ini didesain elastis, artistik dan hadir dengan warna metalik yang cool.
Murata Seiko chan: Robot Cewek Pengendara Unicycle


Anda bisa mengandarai sepeda? Mungkin sebagaian besar akan menjawab ya. Tapi kalau saya bertanya apakah Anda bisa mengendarai unicycle? Itutuh sepeda dengan satu roda saja. Speda yang biasanya digunakan di pertunjukan sirkus.. Mungkin sebagaian besar akan menjawab tidak!! sama seperti saya.

robot seimbang, mampu mengendarai unicycle





Mungkin kita berhak malu dengan Murata Seiko chan. Robot dengan tampang cewek ini (sepertinya sih.. lha dia pakai rok!!) mampu mengendarai unicycle dengan baik. Murata Seiko juga dilengkapi dengan kamera dan bluetooth sebagai media transmisinya. Komponen utama dari robot ini adalah adanya sensor keseimbangan yang menggunakan gyro sensors. Dengan kemampuan keseimbangan ini, Seiko chan mampu berjalan dengan unicycle secara maju maupun mundur. 

The Real transformer





Robot Raksasa yang mempunyai ukuran 100 kaki dan terbuat dari baja ini menyerang Amerika. Memang ini sulit dipercaya, tapi robot yang merupakan tokoh transformer ini telah datang untuk merepotkan militer Amerika. Robot yang merupakan hasil bersatunya truk pengaduk beton, bulldoser, dan senjata militer amerika ini cukup menegangkan. Eits sebelum banyak yang salah paham, saya luruskan dulu. Konstruksi robot ini hanya sebuah bagian dari cara promosi sekuel film transformer. Jadi gak perlu kuatir. Toh kalau robot ini benar-benar datang kita bisa minta tolong ke Power Rangers. 

 
WaalBot, Robot Pemanjat Dinding





Cicak-cicak di dinding, diam-diam merayap datang seekor nyamuk, Hap!! lalu ditangkap.







Itu dulu, karena dulu yang bisa merayap di dinding cuma cicak dan teman sebangsanya. Tapi dizaman modern ini, yang bisa merayap di dinding bukan cuma cicak tapi juga spiderman (di pilem) dan robot.


Robot yang diberi nama WaalBot ini mampu merayap di dinding karena dilengkapi dengan micro-suction adhesive pods yang berguna untuk menjaganya tetap nempel di dinding. Robot culun ini memiliki dua lengan yang masing-masing lengannya memiliki tiga micro- suction adhesive pods itu tadi.


Kalau saya diberi kehormatan untuk memberi nama pada robot ini, mungkin akan saya namai C-CUK ya.. masak cak terus, sekali-kali cuk lah..


Si WaalBot ini juga dilengkapi dengan RF (radio freq.) transmitter yang memungkinkan mengontrol si robot dari jarak jauh. Robot ini sengaja dibuat kecil karena kalau ukurannya besar akan sangat sulit membuat perekatnya. Gambar yang disamping ini saat si Waalbot lagi manjat lemari kayu.

Apripoko: penurut, pandai, suka menjadi remot






Apripoko itulah namaku. Saya dibuat oleh Toshiba. Saya bisa anda perintahkan untuk melakukan beberapa hal yang berhubungan dengan infra merah / infrared. Saya bekerja bedasarkan perintah suara anda. Kalo anda membutuhkan saya untuk mematikan TV, cukup ajarkan dulu pada saya bagaimana caranya, lalu katakan nama perintah itu. Jadi kalau lain kali anda meminta saya mengerjakan hal yang sama, cukup katakan saja. Karena saya dilengkapi dengan infra merah, maka saya bisa mematikan televisi anda. Ya, saya disamakan dengan remote control juga gpp kok. Namanya juga robot. Nasib, nsaib. Oh ya, saya masih punya kemampuan lain lho.. Saya juga dilengkapi dengan kamera untuk mengenali wajah anda. kamera ini juga saya gunakan untuk mempelajari perilaku anda.


Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: