Senin, Juni 07, 2010


Robot Cerdas: Padamkan Api, Lalu Menari


foto: dok. ITB


JAKARTA - Tiga mahasiwa Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) beberapa waktu lalu mengukir prestasi di kontes robot internasional di Trinity College, Amerika Serikat.

Selama enam bulan, Ardya Dipta Nandaviri, Syawaludin Rachmatullah, dan Adhi Ichwan Kurniawan menciptakan robot cerdas pemadam api yang diberi nama "The Power of Dreams" (TPD). Robot ini merupakan robot berkaki enam (hexapod) berbentuk seperti laba-laba dan digerakkan oleh servo-servo. Robot ini dilengkapi sensor kompas ultrasonik dan navigasi sehingga mampu mendeteksi lokasi adanya api untuk kemudian bergerak secara acak dan memilih arah serta jalur yang paling efisien menuju lokasi api tersebut.

Setibanya di lokasi api, robot TPD akan memadamkan api dengan kipas yang terbenam pada robot tersebut. Setelah api padam, robot TPD akan ekmbali ke lokasi awalnya dan menari.

TPD menjuarai Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) pada 2009 dan menyabet penghargaan "Best Algorythm Award". Prestasi inilah yang mengantarkan robot TPD mengikuti kontes robot internasional.

"Dari KRCI ke kontes internasional, kita berhasil menyempurnakan gerak sinkron pada servo," tutur Dipta seperti dikutip dari situs ITB.  Robot TPD berhasil meraih peringkat keempat dalam kontes di Trinity College tersebut. Dalam kontes ini juga ikut bertarung dua tim lain dari Indonesia yaitu Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Bandung,  dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk kategori robot beroda.

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: