Rabu, Desember 15, 2010

Mengenali Komponen Komputer  (Processor)

 

Saat ini processor yang paling dikenal di dunia yaitu Processor keluaran INTEL dan processor keluaran AMD, tapi bukan berarti hanya terdapat 2 pembuat processor di dunia ini, masih ada lagi processor yang beredar dipasaran seperti CYRIX, hanya saja memang 2 processor inilah yang paling dikenal di Indonesia. Processor INTEL kata kebanyakan orang lebih tangguh dalam hal komputasi dan harganya pun lebih mahal. Sedangkan processor AMD lebih tangguh dalam hal komputer gaming dengan harga yang lebih murah dari processor INTEL. Sebenarnya klo menurut saya dua-duanya sama saja seh, bahkan saya lebih cenderung memilih AMD karena harganya yang lebih murah namun kemampuannya cukup menjanjikan.
amd-processor
intel-processor
Untuk meletakkan processor didalam komputer, yaitu pada mainboard, terdapat tempat khusus bagi processor untuk menanamkan processor tersebut, tempat itu dinamakan dudukan processor (Socket Processor). Setiap processor memiliki tempat dudukan (socket) yang berbeda-beda, untuk AMD dan INTEL memiliki socket tersendiri. Untuk melihat lebih detail tentang jenis-jenis socket processor dari generasi awal hingga sekarang dapat mengunjungi situs WIKIPEDIA.
Lihat gambar socket processor pada sebuah mainboard
socket-processor
Untuk socket processor INTEL, dari processor generasi terdahulu dengan processor INTEL generasi sekarang berbeda, baik dari bentuk dan penamaannya. Pada generasi awal processor INTEL disebut dengan socket DIP (digunakan untuk Intel 8086) hingga socket yang umum beredar saat ini yaitu socket T atau yang biasa disebut LGA 775 (digunakan untuk processor INTEL saat ini seperti Core 2 Duo). Saat ini untuk jenis processor INTEL yang beredar dipasaran diantaranya, Intel Intel Pentium D, Intel Celeron D, Core Duo, Core 2 Duo, Core 2 Quad.
Lihat gambar socket untuk processor INTEL
Sedangkan untuk processor AMD, dari generasi awal dikenal dengan socket Super Socket 7 (digunakan pada AMD K-6) hingga saat ini dikenal dengan socket AM3 atau socket 938 (digunakan untuk processor AMD saat ini seperti Athlon XP). Saat ini untuk jenis processor AMD yang beredar dipasaran diantaranya, Athlon Xp, AM2, AM2+.
Lihat gambar socket untuk processor AMD
Baik INTEL dan AMD sama-sama mengeluarkan processor dengan harga murah (Value Processor). Intel mengeluarkan processor INTEL CELERON untuk value processor mereka, dan AMD mengeluarkan processor Duron/Athlon LE untuk menyaingi Celeron. Processor tersebut dibandrol dengan harga yang lebih murah dibanding processor jenis Pentium maupun AthlonXP, tentunya terdapat pengurangan kualitas dan kinerja dari processor tersebut, seperti cache yang lebih kecil dan kecepatan BUS yang lebih rendah.
Oh iya…mungkin Anda pernah mendengan processor Intel MMX, Intel Pentium I, Pentium II, AMD Duron, AMD Barton, dan lain sebagainya. Itu adalah nama-nama processor generasi terdahulu, setiap nama memiliki arti tersendiri yang menggambarkan processor tersebut.
Processor INTEL dan AMD sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Perlu Anda perhatikan, penentuan jenis processor untuk komputer Anda akan mempengaruhi jenis mainboard yang akan digunakan. Hal ini dikarenakan arsitektur dari kedua processor ini berbeda, dan socketnya pun tentu berbeda. Jadi mainboard untuk processor INTEL tidak dapat dipasangkan untuk processor AMD, begitupun sebaliknya. Untuk komponen komputer  selain processor dan mainboard dapat dipasangkan dengan jenis processor dan mainboard baik INTEL maupun AMD.
Istilah-istilah penting yang berkaitan dengan processor adalah CACHE, Clock Speed, FSB. CACHE merupakan memori register yang terletak didalam processor, fungsinya sama dengan memori utama hanya letak dan besar kapasitasnya berbeda, dan merupakan memori yang memiliki akses tercepat dengan processor. Semakin besar kapasitas CACHE yang ada maka akan semakin bagus jenis processor tersebut. Saat ini ukuran terbesar sebuah CACHE diprocessor yaitu sebesar 12MB (untuk processor Intel Core 2 Quad E9xxx). Besar kapasitas CACHE menentukan harga sebuah processor, semakin besar cache makan harga processor semakin mahal. Clock Speed processor menunjukkan kecepatan sebuah processor, saat ini kecepatan tertinggi untuk sebuah processor baik INTEL maupun AMD yaitu sebesar 3,2GHz (kecepatan normal tanpa overclock). FSB merupakan singkatan dari Front Side Bus, FSB yang dimiliki processor saat ini memiliki kecepatan sebesar 1333MHz. FSB juga akan mempengaruhi kecepatan sebuah komputer.
Processor-processor tersebut dapat di overclock hingga kecepatan tertentu diatas kecepatan normal. Biasanya untuk processor yang sering dipakai untuk overclock adalah processor AMD, overclock ini dapat meningkatkan kecepatan processor hingga 30% dari kecepatan normal. Proses overclock tentunya tidak disarankan oleh INTEL dan AMD, karena hal itu dapat memperpendek umur processor.

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: