Senin, Januari 03, 2011

Siswa dan Guru Sebagai Penunjang Kegiatan Ekstrakurikuler

Siswa dan Guru sebagai elemen penting prosesi belajar mengajar disekolah, memberikan tunjangan yang besar dalam penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler. Sejauhmanakah keduanya saling memberikan tunjangan bagi kemajuan sekolah dan penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler.
Anak didik sebagai bagian pelaku dalam proses belajar mengajar merupakan bagian dari elemen pendidikan yang berinteraksi secara dinamis dalam pergaulannya. Di dalam pergaulan sehari-hari tentunya terjadi interaksi sosial antara individu yang satu dengan yang lain atau individu dengan kelompok dan di dalam interaksi tersebut tentunya tidak terlepas dari adanya saling mempengaruhi satu sama lain. Interaksi antara siswa yang satu dengan siswa yang lain sangat besar pengaruhnya terhadap daya rangsang siswa untuk mengikuti setiap kegiatan ekstra kurikuler di suatu lembaga pendidikan.
Pendidik yang dalam hal ini adalah guru, merupakan bagian dari elemenpembelajaran yang sangat penting bagi sekolah (alat pendidikan yang paling utama ialah guru sendiri). Guru itulah yang akan bertanggung jawab terhadap kedewasaan anak didiknya. Semua kegiatan yang dilakukan dalam interaksi pembelajaran selalu terarah kepada tujuan pembelajaran secara optimal; jadi tujuan yang akan dicapai merupakan patokan atau batas-batas dari kegiatan interaksi proses belajar mengajar. Guru sebagai penyelengara atau sebagai motor (pendorong) dalam proses belajar mengajar di sekolah sudah mempersiapkan segala sesuatunya, seperti bahan, metode yang dipakai, dan perlengkapan lain sebagai faktor pendukung yang dipakai dalam proses pendidikan. Dalam kerangka pencapaian tujuan pendidikan secara umum, maka guru merupakan faktor penting, dengan demikian guru harus dapat memberikan pengetahuan tambahan di luar jam pelajaran yang mana materinya harus relevan dengan apa yang diamanatkan dalam tujuan pendidikan.

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: