Jumat, Juli 29, 2011

Perbedaan Dual Core dan Core 2 Duo


VS

Yang jelas lebih cepat Core 2 Duo, harganya pun hampir dua kali lipat. Cuman perbedaanya apa dunk??? Prosessor Intel Pentium D (Dual Core) ini sebenarnya sudah lama dikeluarkan, kalau gak salah tahun 2005-an, dan untuk prosessor Intel Core 2 Duo dikeluarkan pertengahan 2006. Tapi walaupun dah lama dikeluarkan baru akhir-akhir ini mengetahui perbedaan yang bisa benar-benar dipahami (weee... ketauan deh klo gaptek). Selama ini jawaban yang didapat itu-itu aja :
- Terdapat 2 inti prosessor dalam satu keping (itu mah semua juga sudah tau)
- Core 2 duo keluaranya lebih baru (yahhh... apalagi itu)
- Lebih cepat core 2 duo karena teknologinya lebih baru (ya elah... emang lebih cepattt... yang jadi pertanyaan... kenapa bisa lebih cepat??? itu...)
- Baca-baca di artikel-artikel website malah tambah bingung (ada yang bilang pake teknologi Conroe...lah, Conroe XE...lah, Alldale...lah, Meron...lah, tambah gak ngerti)

Akhirnya jawaban dari rasa penasaran bertahun-tahun itupun terungkap...(halahhhh...)
Mungkin artikel ini bisa juga bermanfaat bagi sobat yang nasibnya sama dengan saya, sebagai pencerahan aja (weleh.. weleh..).
Gini-gini perbedaannya saya coba buat dengan bahasa sesederhana dan sesimple mungkin, yang penting bisa dimengerti :
Yang jelas antara Pentium Dual Core dan Core 2 Duo sama-sama punya 2 inti prosessor dalam satu kepingnya, yang membedakan teknologi dan cara kerjanya. Nah dicara kerja inilah perbedaanya, kenapa Core 2 duo lebih cepat.
- Pentium Dual Core : Di istilahkan aja ada 2 inti (inti A dan inti B)...(nah tu ngarang deh... Jadi inti prosessor B ini akan bekerja setelah inti prosessor A sudah kualahan bekerja. Atau kalau dibalik, ketika inti prosessor A sudah kualahan bekerja, baru dibantu oleh inti prosessor B. (wahhh... egois dunk inti B, yang capek inti A)
- Core 2 Duo : Baik inti A maupun inti B bekerja bersama-sama. (ini lah yang namanya Gotong Royong, gak menggantungkan kepada orang lain aja, jadi bekerja bersama-sama)

Tentu Core 2 Duo kan yang lebih cepat...!!!
Wah... dari prosessor aja bisa diambil hikmahnya juga.

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: