Sabtu, Desember 19, 2009

        EMPAT MADZHAB FIQIH


Assalamualaikum sobat muslim pada kali ini saya akan membahas tentang epat madzab fiqih. Dulu para ulama menghadapi berbagai persoalan apabila mereka tidak menemukan ayat atau hadits, maka mereka berijtihad untuk menetapkan hukum. Hukum yang di tetapkan oleh seseorang berdasarkan ijtihadnya itulah yang disebut madzabnya.
Sebenarnya madzab fiqih dalam Islam bukan hanya empat, namun ada beberapa macam : Hasan Basri, Ast-Laisi dan lain-lain. Madzab-madzab mereka itu tidak berkembang pesat seperti madzab yang empat, mungkin disebabkan oleh berkurangnya pendukung mereka setelah ditinggalkan oleh penyusunannya.
Sedangkan madzab yang empat sampai sekarang masih terus mendapat dukungan para ulama dan kaum muslimin. Ribuan kitab yang telah disusun berdasarkan madzab-madzab itu.

1. Madzab Hanafi
Madzab Hanafi diperoleh oleh Imam Abu Hanifah yang dilahirkan pada tahun 80 Hijrah dan meninggal di Baghdad pada tahun 150 Hijriah. Semenjak belajar di Kufah beliau telah menyusun madzabnya. Beliau amat mahir dalam ilmu fiqih khususnya pandai berinstinbat hukum dalam Al Qur'an dan hadits. Kemudian beliau tinggal di Baghdad dan memberikan penerangan tentang hukum Islam di Baghdad berdasarkan ijtihadnya kepada kaum muslimin.
Pada perkembangan berikutnya, beberapa orang murid sekaligus sahabat beliau kembali mengadakan penelitan terhadap hukum-hukum yang telah ditetapkan oleh Imam Abu Hanifah dengan memperhatikan kondisi, manfaat dan madharatnya sehingga diantara mereka ada yang tidak sepakat dengan pendapat Imam Abu Hanifah.

2. Madzab Malik
Madzab Malik di pelopori oleh MAlik bin Anas Al Asbahi yang lahir pada tahun 93 Hijriyah dan wafat pada bulan Safar tahun 170 Hijriyah. Beliau kemudian belajar di Madinah dan menyusun sebuah hadits Al Muwaththa yang terkenal sampai sekarang atas anjurannya Khalifah Mansyur, Ketika beliau bertemu saat ibadah Haji.
Madzab Malik mengambil dasar Al Qur'an, Sunnah, Ijma'dan Qiyas. Namun qiyas beliau gunakan untuk hal-hal yang sangat terbatas saja, karena beliau adalah seorang ahli hadits. imasa itu, beliau amat berpengaruh di daerah Hijaz sehingga mendapat julukan "Sayyid Fuqoha Al Hijaz". Beberapa murid beliau yang terkenal diantaranya adalah Muhammad bin Idris bin Syafi'i(Imam Syafi'i), Al Laisy bin Sa'ad dan Abu Ishaq Al Farazi. Pengikut madzhab Maliki yang paling banyak di Turisia, Tripoli, Mesir dan Maghribi.

3. Madzhab Syafi'i
Madzhab Syafi'i pelopori olehMuhammad bin Idris bin Syafi'i keturunan bangsa Quraisy. Beliau lahir di Khuzzah pada tahun 150 Hijriyah dan meninggal di Mesir pada tahun 240 Hijriyah, di usia 7 tahun beliau dapat menghafal Al Qur'an dan di usia 10 tahun beliau telah hafal Al Muwaththa',kitab susunan sang guru (Imam Malik).
Dan pada usia 20 tahun beliau telah diizinkan oleh guru beliau Muslim bin Khalid untuk berfatwa. Beliau juga amat pandai dalam segala pengetahuan.
Pada usia 20 tahun itu juga mendengar tentang kebesaran Imam Malik akan ilmu fiqih dan hadits. Oleh sebab itu, beliau pergi ke Madinah intuk belajar kepada Imam Malik. Selanjutnya beliau juga pergi ke Irak dan bergaul dengan sahabat-sahabat Imam Abu Hanifah. Kemudian beliau juga pergi ke Parsi. Dua tahun lamanya beliau menempuh perjalanan ini.
Dalam perjalanan ini beliau banyak sekali menjumpai berbagai adat, karakter dan kebiasaan masyarakat yang amat majemuk dan ini sangat penting bagi beliau dalam rangka mempertimbangkan penentuan hukum Islam. Kemudia Raja Harun Al Rasyid meminta beliau agar tetap tinggal di Baghdad. Imam Asy-Syafi'i lalu tinggal di Baghdad dan menyebarkan agama serta pendapat-pendapat beliau kepada masyarakat.
Beliau memiliki pergaulan yang amat luas dengan semua golongan dan lapisan masyarakat, baik rakyat, pemerintah atau para ulama termasuk para sahabat Imam Abu Hanifah sehingga hal itu mendorong beliau untuk mengeluarkan pendapatnya yang pertama. Lalu beliau kembali ke Makkah hingga tahun 198 Hijriyah. Pada tahun ini pula beliau pergi ke Mesir dan meyusun pendapat baru. Pengikut madhzab Syafi'i banyak tersebar di Kurdistan, Mesir, Aden, Yaman, Hadramaut, Makkah, Pakistan, dan Indonesia.

4. Madhzab Hanbali
Madzab Hanbali dipelopori oleh Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal yang di lahirkan di Baghdad dan meninggal pada hari Jumat tabggal 12 Rabiul Awal Tahun 241 Hijriyah. Sejak kecil beliau telah belajar di Baghdad, Syam, Hijaz dan Yaman. Beliau adalah salah seorang murid Imam Syafi'i yang pandai. Diantara murid beliau yang terkenal adalah Bukhari dan Muslim.
Beliau menyusun madzhabnya berdasarkan empat dasar yakni Al Qur'an dan hadits, fatwa sahabat paling mendekati kitab dan sunnah), hadits mursal/lemah apabila tidak bertentangan dengan dalil-dalillain dan qias sebagai jalan terakhir.
Dengan mengeluarkan fatwa, beliau sengat berhati-hati apabila tidak ada nas sahabat. Oleh sebab itu mengapa madzhab ini sangat lambat perkembangannya. Mula-mula madzhab ini tersiar di Baghdad, kemudian Hijaj dan selanjutnya raja Ibnu Saud mengumumkan bahwa madhzab resmi pemerintah Arab Saudi. Di Mesir tidak tampak madhzab ini kecuali pada abad ke-7. Hingga sekarang tidak banyak rakyat Mesir yang mengikuti madzhab ini

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar:

Bookmark and Share