Rabu, Desember 09, 2009

  • Daftarkan diri
  • ‎Apakah Shvoong itu?‎
  • Masuk
    Masuk
    Ingat user ID ini. Lupa password anda?
Buat rangkuman pengetahuan manusia di Shvoong.
.
Halaman Utama Shvoong>Buku>Mitologi & Cerita Rakyat>Seri Mitologi Yunani (1): Asal Mula Dunia
.
  1. Seri Mitologi Yunani (1): Asal Mula Dunia

oleh : ZAZU     

 
Adalah seorang dewa bernama Khaos. Ia hidup dalam kegelapan hampa yang panjang. Disekitarnya tiada cahaya dan kehidupan, seluruhnya hanya kelam yang tiada batas.Pertama yang ia buat adalah Dewi Bumi yang cantil jelita yang penuh kekuatan dan kehidupan. Kemudian ia buat juga Tartarus dimana malam yang kelam dan jahat bertahta, disamping juga Hari yang cerah ceria. Jangankan manusia, dewa sekalipun ngeri membayangkan keberadaan Tartarus.
Tugas Khaos akhirnya diteruskan oleh Dewi Bumi dengan mengembangkan dunia. Dewi Ágape dilahirkannya sebagai dewi kasih sayang, kemudian laut, langit biru dan gunung gemunung.
Dewa yang paling berkuasa adalah Uranus, penguasa langit yang bertahta di atas awan gemawan. Ia menikah dengan Dewi Bumi dan melahirkan dewa-dewa yang tak kenal kematian. Diantaranya adalah 12 Titan enam laki-laki dan enam perempuan. Bangsa Titan adalah bangsayang perkasa, yang terkenal adalah Okeanus yang luas membentang di permukaan bumi. Keturunannya adalah seluruh sungai di bumi dan 3000 okeanida, mata air.
Titan Hiperion dan istrinya Tea melahirkan Matahari, Fajar dan Bulan yang indah. Sedang Titan terakhir namanya Kronos, ia Sangat terampil lagi ambisius.
Anak-anak lain dari Uranus adalah Kiklopes yakni raksasa mata satu yang garang dan raksasa bertangan seratus yang luar biasa perkasa.
Karena kelakuan para Titan dan raksasa bertangan seratus tidak mendapat perkenan di mata Uranus, mereka dihukum dimasukkan ke dalam Tartarus yang gelap gulita. Dalam hukuman itu Kronos berniat melawan Uranus, ayahnya sendiri. Dengan bantuan Dewi Bumi ia bisa lepas dan membunuh Uranus.
Saat itulah kutukan Uranus bergema akan terjadinya pembalasan dari anak-anak Kronos sendiri nantinya. Kronos akhirnya bertahta, para Titan dibebaskan kecuali raksasa bertangan seratus. Kecuali Titan Okeanus yang tak mau bergabung dengan Kronos, ia mengasingkan diri ke sudut dunia.
Karena takut ancaman dari keturunannya, semua anak Kronos ditelannya mentah-mentah saat lahir. Mereka adalah Hera, Remeter, Hestia, Hades dan Poseidon.Bayi terakhir berhasil diselamatkan oleh Rea, istri Kronos, dengan mengelabuhi suaminya. Maka selamatlah bayi itu, yang kelak akan menjadi Zeus.***

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: