Minggu, Januari 10, 2010

Berita TMII 

BAYT ALQUR’AN & MUSEUM ISTIQLAL TMII


Sabtu, 9 Januari 2010

Bayt Al-Qur’an ( Berarti “ Rumah Al-Qur’an”) sebagai tempat untuk menghimpun , menyimpan, memelihara dan memamerkan mushaf Al-Qur’an,dari berbagai bentuk dan jenis, yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara.
Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal dimaksud menjadi dua lembaga yang memiliki kesatuan utuh, dengan peranannya masing-masing. Kedua menyatu dalam upaya meningkatkan kecintaan, pemahaman, dan pengamalan Al-Qur’an. Melihat kedudukan dan fungsinya, Museum Istiqlaltidak dapat dipisahkan dari Bayt Al-Qur’an.
Bayt Al-Qur’an menggambarkan fungsi Al-Qur’an sebagai petunjuk manusia, dan Museum Istiqlal merupakan perwujudan pelaksanaan petunjuk Allah dalam kehidupan dan budaya umat Islam Nusantara. Lebih dari sekedar tempat penyimpanan dan memamerkan Al-Qur’an dari berbagai tempat di Indonesia.
Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal juga merupakan wadah kajian dan pengembangan ilmu yang berkaitan dengan Al-Qur’an dan budaya Islam.
Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal diresmikan pembukaannya oleh Presiden RI H.H Soeharto pada tanggal 20 Aprila 1997, sebagai tonggak perkembangan dan kebesaran Islam Indonesia: menyiarkan kegemilangan dari masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang.
Tujuan
Meningkatkan kecintaan, pemahaman dan pengamalan ajaran-ajaran Al-Qur’an.
Menampilkan kebudayaan Indonesia yang bernafaskan Islam yang berkualitas dan kreatif upaya memantapkan kesatuan dan persatuan bangsa.
Menampilkan makna dan citra ajaran Islam dan budaya bangsa Indonesia yang bersifat terbuka, dinamis dan toleran.
Menampilkan budaya Islami yang berasal dari Asia Tenggara dan bangsa-bangsa lainnya dalam upaya ikut melengkapi dan memperkaya khazanah budaya Islam dunia.
Menjadi forum studi dan pelayanan informasi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan budaya Islam.

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: