Minggu, Januari 10, 2010

Kabupaten Lamongan menjadi satu diantara 12 kabupaten/kota di Jatim yang masuk penilaian akhir Penerapan Telematika/Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika Percontohan Kabupaten/kota 2009. Terkait penilaian akhir tersebut, kemarin lima orang tim penilai dari Pemprov Jatim melakukan penilaian faktual ke Lamongan.
Rombongan tim penilai yang dipimpin oleh Miswanhadi itu diterima Plt. Asisten Administrasi Setdakab Lamongan Aris Wibawa dan Kepala Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE) Hurip Tjahyono di Ruang Sabha Nirbawa setempat, Selasa (29/12). Miswanhadi dalam keterangannya sampaikan penghargaan tersebut untuk memberikan apresiasi sekaligus motivasi kepada daerah yang sudah langsungkan penerapan eGovernment dengan bagus.
Lebih lanjut diungkapkannya, tim penilai sebelumnya telah melakukan penilaian awal pada seluruh kabupaten/kota di jatim terkait penerapan Teknologi Informasi (TI) di kegiatan pemerintahan. Dari penilaian awal itu kemudian tersaring 12 kabupaten/kota untuk diverifikasi secara faktual. “Tim penilai kami ini terdiri dari akademisi, praktisi dan birokrat. Kami berharap akan bisa membuktikan bahwa penerapan TI sudah benar-benar dilakukan pemerintah kabupaten yang masuk 12 besar, “ ujarnya.
Miswanhadi kemudian menyebutkan ada tujuh kriteria yang akan dinilai. Yakni pengelolaan website Pemkab Lamongan, manajemen kepemimpinan pegnembangan eGovernment dan inovasi yang dilakukan. Kemudian perubahan yang berlangsung dalam kegiatan pemerintahan yang didorong oleh penerapan eGovernment, pemanfaatan TI dalam kegiatan pelayanan publik serta keterhubungan antar instansi melalui TI dan prestasi yang diraih.
Sementara Aris Wibawa kepada tim penilai menyampaikan bahwa sejumlah kemajuan yang kini diraih oleh Kabupaten Lamongan tidak bisa dilepaskan dari peran penerapan TI. “Selama ini KPDE lewat websitenya juga telah berperan sebagai marketingnya Pemkab Lamongan. Sehingga berbagai potensi yang dimiliki Lamongan bisa terekspose keluar. Demikian pula berbagai kemajuan Lamongan juga bisa diakses semua orang di banyak wilayah lewat media website, “ terang dia.
Aris juga menyebutkan saat ini 14 dari sejumlah 27 kecamatan di Lamonga sudah tercover oleh TI. Dan pada 2010 mendatang diharapkan semua kecamatan sudah menggunakan TI dalam kegiatannya. “Kedepan ketika semua satuan kerja di Pemkab Lamongan sudah terhubunbkan dengan TI, mungkin kegiatan seperti Coffee Morning bisa dilaksanakan lewat jarak jauh. Sehingga lebih efisien dan efektif, “ kata dia.

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: