Sabtu, Januari 23, 2010

Desain Taman untuk Rumah Minimalis di Halaman Samping atau Belakang Rumah: Ciptakan Focal Point

Taman kecil mungil di samping atau belakang rumah adalah tantangan menarik untuk didesain. Malah mungkin lebih sulit dibanding desain taman ukuran besar. Kuncinya adalah memanfaatkan setiap inchi tanah baik secara vertikal maupun horisontal.
Meski luas tanah tersedia lebih kecil dari jalan setapak atau teras, Anda tetap dapat membuat desain taman yang menarik dan menyejukkan.
Saran saya pertama, jangan membatasi kecilnya lahan dengan kecilnya tanaman atau pot yang Anda letakkan. Dengan kata lain, Ciptakan focal point untuk taman Anda. Focal poin adalah sesuatu yang menjadi pusat dari desain taman Anda.
Atau focal poin dapat juga berarti ujung dari jalan masuk ke taman kecil Anda. Sebuah pohon besar, pot besar, sepasang kursi dan meja kecil dapat menjadi focal poin.
Kolam ikan, dengan air mancur di dinding dapat juga membuat mata Anda atau tamu terarah padanya. Sebuah patung, atau karya seni lainnya pun bisa dijadikan focal poin.
Dua contoh berikut ini adalah bagaimana menciptakan focal point di ujung dan tengah halaman. Masing-masing dengan cara yang berbeda.
Contoh 1 Focal Point di Sudut Taman Kecil (Sebelum dan Sesudah)


Sebelum Sesudah
Contoh 2 Focal Point di Tengah Halaman (Sebelum dan Sesudah)

Kalau di taman Anda terdapat pagar atau dinding, pilihlah warna netral yang ringan/light untuk memberi ilusi ruang yang lebih besar. Semakin gelap warna yang Anda pilih, semakin terasa kecil halaman rumah Anda.
Kalau Anda tidak punya minat atau keahlian dengan tanam-tanaman, buatlah cat mural,letakkan keramik hias atau tembaga untuk mendekorasi dinding di sekitar taman. Batu hias warna putih dapat disebarkan untuk menambah kesan luas.
Pemanfaatan bahan yang tidak biasa seperti kaca atau baja di taman, akan memberi kesan minimalis yang kuat.
Contoh Desain Taman menggunakan bahan Kaca dan Baja dari Philip Nash

Sebaliknya kalau Anda suka tanaman. Anda dapat memanfaatkan pagar dan dinding sebagai tempat untuk menaruh pot. Letakkan pot bunga di dinding dengan tinggi yang bervariasi.
Bila halaman masih cukup tersedia, satu tanaman buah seperti mangga atau jambu akan memberi nilai tambah bagi taman mungil Anda.


Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: