Kamis, Januari 07, 2010

Libya Memperkuat Angkatan Udara 

Guna memperkuat angkatan udaranya, pemerintah Libya berencana membeli lebih dari 20 jet tempur Rusia senilai satu miliar dolar. "Libya akan membeli 12 sampai 15 pesawat tempur multi guna Su-35, empat Su-30 dan enam pesawat latih tempur Yak-130 dari Rusia," kata sumber yang tidak disebutkan namanya, sebagaimana dikutip kantor berita Interfax.

Kontrak-kontrak tersebut akan ditandatangani akhir tahun ini atau awal tahun 2010. "Sebagian besar kontrak itu sudah dilaksanakan dengan baik dari sudut pandang teknis dan pada praktiknya siap untuk ditandatangani. Aspek keuangan masih perlu diselesaikan," lanjut si sumber.

Seorang juru bicara Rosoboronexporty, eksportir senjata milik negara yang mengawasi penjualan senjata Rusia kepada pihak asing, belum memberikan komentar mengenai hal tersebut.

Libya yang telah lama dikucilkan masyarakat internasional, kini muncul ke permukaan secara intens dalam beberapa tahun terakhir. Kabarnya, guna membicarakan masalah pembelian senjata tersebut, pemimpin Libya Muammar Qaddafy telah melakukan kunjungan ke Moskow.

Awal bulan ini sebuah pesawat jet tempur Rusia MiG-23 jatuh dalam pameran dirgantara di pinggiran Tripoli, ibukota Libya. Kecelakaan maut itu menewaskan dua awak dan mencederai beberapa orang di darat. Pameran dirgantara tersebut bertujuan untuk memamerkan jet-jet tempur Rusia kepada para pelanggan di Afrika Utara.

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: