Senin, April 12, 2010

Osteoporosis Mengancam Tulang Anda

Osteoporosis sering disebut sebagai sillent killer. Ini disebabkan karenaOsteoporosis sering disebut sebagai sillent killer. Ini disebabkan karena Osteoporosis merupakan suatu keadaan dimana tulang menjadi keropos tanpa mengubah bentuk atau struktur luar tulang, akan tetapi daerah dalam tulang menjadi berlubang-lubang sehingga mudah patah. Agar Anda terhindar dari sillent killer ini, ada baiknya Anda mengetahui apa penyebab dan cara menghindarinya.
Peningkatan usia lanjut pada manusia, menyebabkan terjadinya menopause dan pasca menopause, osteoporosis pada perempuan dan andropause pada laki-laki. Jumlah manusia usia lanjut di Indonesia makin meningkat 414% (dari tahun 2000-2005) dan dinyatakan juga dari tahun 2000 sampai 2050 meningkat sampai 316,9%.
Penurunan hormon reproduksi estrogen secara fisiologik pada perempuan dimulai pada usia 35 tahun sedangkan pada laki-laki penurunan hormon testosteron dimulai pada usia 65 tahun. Adanya dampak negatif dari penurunan hormon estrogen ini, menyebabkan timbulnya keluhan-keluhan menopause klinis ("menopause symptom") dan bila tidak ditangani dengan baik menyebabkan osteoporosis yang akan menurunkan kualitas hidup
perempuan tadi.
Pencegahan terjadinya osteoporosis dimulai dari asupan kalsium cukup, paparan sinar UVß yang cukup, gaya hidup, pertahankan haid normal, obat-obatan yang dipakai agar tercapainya puncak massa tulang dan dipertahankan massa tulang yang cukup.
Pengobatan osteoporosis dengan bifosfonat telah dikenal dengan cara pemberian biofosfonat 1x1 hari, kemudian berubah menjadi 1x1 minggu dengan hasil yang cukup baik, mengurangi keluhan pasien, memberikan rasa nyaman serta meningkatkan densitas tulang yang lebih baik apabila dilakukan penggabungan dengan TSH.
Diperlukan kesadaran akan terjadinya usia lanjut dengan masalah menopause,       osteoporosis menopause pada masyarakat Indonesia agar dapat memasuki masa       menopause dengan tenang dan menghindari kejadian osteoporosis dini, serta siap mengobati osteoporosis dengan sempurna bersama organisasi PEROSI-PERWATUSI-DEPKES dan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan.
      

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: