Senin, Juni 07, 2010

Jumlah Doktor Lulusan UII Meningkat


Ilustrasi: ist.
YOGYAKARTA - Jumlah doktor di Universitas Islam Indonesia (UII) terus meningkat. Jumlah doktor menjadi salah satu parameter kredibilitas sebuah perguruan tinggi.

Setidaknya ada enam orang doktor baru di kampus UII.  yaitu Albani Musyafa, ST, MT, Ph.D; Dr Ir Sri Amini Yuni Astuti, MT; Dr Jaka Nugraha, S.Si, M.Si; Izzati Muhimmah, ST, M.Sc, Ph.D; Miftahul Fauziah, ST, MT, Ph.D; dan Dr Suparman Marzuki, SH, M.Si.

Rektor UII Prof Dr Edy Suandi Hamid, M.Ec dalam upacara penyambutan para doktor baru beberapa waktu lalu menyatakan, dengan bertambahnya keenam doktor itu, UII kini memiliki 73 orang staf edukatif dengan jenjang pendidikan strata tiga atau doktoral.

Sedangkan yang masih menempuh studi doktoral berjumlah 78 orang. Menurut Edy, penambahan doktor akan berimplikasi besar terhadap perkembangan universitas dalam menjalankan tugas utamanya sebagai institusi pendidikan tinggi.

“Dulu, gelar strata satu sudah sangat membanggakan, tapi saat ini gelar doktorpun sudah hampir dianggap biasa saja. Maka yang dipandang saat ini tidak lagi dari sisi formalnya, melainkan karya yang dihasilkan,” katanya.

Senada dengan Rektor UII, Pengurus Yayasan Badan Wakaf  UII, Dr Luthfi Hasan, MS mengungkapkan, perkembangan UII tidak dapat diraih dengan rutinitas seperti kegiatan biasa dilakukan. Peran doktor baru dapat berperan dengan melakukan
pengembangan-pengembangan baru di UII.

“Kembalinya para doktor untuk aktif di institusi ini akan dihadapkan dengan kegiatan rutinitas. Yang diperlukan adalah perkembangan, bukan melanjutkan rutinitas”, tegas Luthfi.

Selain itu, Ketua PYBW yang juga Guru Besar FTSP UII ini juga mengingatkan, agar para doktor baru UII dapat menjaga etika keilmuan yang sudah dimiliki. Luthfi mengingatkan fenomena plagiat yang sempat mencuat beberapa waktu yang lalu,  “Sudah ada gejala-gejala yang menunjukkan kurangnya etika keilmuan, termasuk yang juga dilakukan akademisi sekelas doktor”, katanya.


Sumber:okezone.com

 

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: