Rabu, Januari 26, 2011


Finalis 7 keajaiban Dunia yang Mirip Alam Indonesia


Pemilihan 7 keajaiban dunia alam atau new 7 wonders of natures telah memasuki tingkat 28 besar. Semua 28 finalist yang berasal dari berbagai negara ini telah memiliki keajaiban yang khas sehingga dapat menuju ke 28 besar dari 440 finalist. 28 Keajaiban alam yang tidak dibuat oleh manusia ini akan terus bertarung hingga berhasil menjadi top 14 dan akhirnya akan menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia alam pada tanggal 11-11-2011.
Peta Finalis 7 Keajaiban Dunia Alam
Peta Finalis 7 Keajaiban Dunia Alam
Indonesia mempunyai 6 finalist dalam pemilihan ini, yaitu Danau Toba, Danau Sentani, Gunung Krakatau, Gunung Bromo, Segitiga Karang, dan Taman Nasional Komodo. Dari ke-6 Finalist itu yang berhasil memasuki 28 besar hanyalah Taman Nasional Komodo.
Semestinya Indonesia dapat menempatkan finalist lebih banyak dalam pemilihan ini karena Indonesia memiliki keajaiban alam yang tersimpan di 17.508 pulau Indonesia. Kita tahu bahwa alam Indonesia sangat Indah dan beragam, mulai dari hutan, gunung, bukit, pantai, laut, gurun pasir, dan lain-lain. Setidaknya pasti ada dari 28 besar finalist 7 keajaiban dunia alam yang mirip dengan alam di Indonesia, apa sajakah itu? Yuk kita cari tahu.
  • Maldives mirip dengan Taman Nasional Takabonerate
maldives atau maladewa
maldives atau maladewa
salah satu puau di Taka Bonerate
salah satu puau di Taka Bonerate
Maldives (bahasa: Maladewa) adalah sebuah negara yang terdiri dari 26 karang atol di samudera Hindia. Maladew mencakup 1.192 pulau kecil. Pantai di Maladewa pernah mendapat penghargaan top 10 pantai terbaik didunia versi national geographic.
Taman Nasional Taka Bonerate memiliki karang atol terbesar ke 3 didunia dengan luas 220.000 hektar dan terumbu karang yang tersebar datar seluas 500 km.
*Kemiripan* Maldives dan TN Taka Bonerate sama-sama memiliki karang atol yang masuk dalam kategori terbesar didunia, juga memiliki keindahan pantai dan taman laut yang kaya akan terumbu karang dan biota laut lainnya.
  • Galapagos mirip dengan Taman Nasional Komodo
Galapagos
Galapagos
Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo
Galapagos merupakan kepulauan vulkanik yang terletak di samudera pasifik. Kondidi alam galapagos yang unik membuat berkembangnya hewan-hewan endemis, seperti kura-kura raksasa galapagos, iguana darat, iguana laut, Pinguin galapagos, dll.
Taman Nasional Komodo merupakan taman nasional yang terdiri dari 3 pulau besar ( padar, rinca, komodo) dan pulau-pulau kecil lainnya. Karena Topografinya yang unik membuat kadal terbesar didunia dapat hidup yaitu komodo. Selain komodo taman nasional ini juga melindungi hewan-hewan endemis lainnya.
*Kemiripan* antara galapagos dan taman nasional komodo sama-sama berupa kepulaun vulkanik yang banyak menyimpan hewan-hewan endemik. Taman nasional komodo memiliki hewan endemis komodo  sedangkan Galapagos memilki hewan endemis Kura-kura raksasa Galapagos.
  • Mud Volcanoes mirip dengan Lumpur Panas Sidoarjo
mud volcanoes
mud volcanoes
Lumpur Panas Sidoarjo
Lumpur Panas Sidoarjo
Mud volcanoes merujuk pada formasi yang diciptakan oleh cairan geo-excreted dan gas. Gunung ini memuntahkan lumpur yang biasanya dijadikan indikasi adanya minyak bumi. 300 dari 700 gunung lumpur didunia ada di Gobustan, Azerbaijan, dan laut kaspia
Lumpur Panas Sidoarjo adalah peristiwa menyemburnya lumpur panas dan gas dilokasi pengeboran PT Lapindo Brantas, kabupaten Sidoarjo. Volume lumpur yang keluar di sidoarjo ini sekitar 100.000 meter kubik perhari.
*Kemiripan* antara mud volcanoes dan lumpur panas lapindo sama-sama mengeluarkan lumpur panas dan gas hanya saj kandungannya yang berbeda dan volume lumpur yang keluar di sidoarjo lebih banyak dibandingkan mud Volcanoes di azerbaijan.
  • Gunung Vesuvius mirip dengan Gunung Krakatau
Gunung Vesuvius
Gunung Vesuvius
Anak
 Gunung Krakatau
Anak Gunung Krakatau
Gunung Vesuvius adalah satu-satunya gunung berapi didaratan Eropa yang telah meletus dalam seratus tahun terakhir. Vesuvius terkenal karena letusan dalam AD 79 yang menyebabkan penghancuran kota-kota Romawi, Pompeii dan Herculaneum. Saat ini dianggap sebagai salah satu gunung paling berbahaya didunia.
Gunung krakatau terkenla karena letusannya yang sangat dahsyat pada tahun 26-27 agustus 1883. Letusannya menimbulkan awan panas dan tsunami yang mengakibatkan tewanya 36.000 jiwa. Ledakan itu adalah yang paling besar, suara paling keras dan peristiwa vulkanik yang paling meluluhlantakkan dalam sejarah manusia modern. Suara letusannya terdengar sampai 4.600 km dari pusat letusan dan bahkan dapat didengar oleh 1/8 penduduk bumi saat itu.
*Kemiripan* antara gunung Vesuvius dan Gunung Krakatau sama-sama mempunyai sejarah ledakan yang besar dan menghancurkan yang ada disekelilingnya serta menelan korban jiwa yang sangat besar pada waktu itu.
  • Angel Falls mirip dengan Air Terjun Sisipo-sipo
Angel Falls
Angel Falls
Air Terjun Sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-piso
Angel Falls adalah air terjun tertinggi didunia dengan ketinggian 1.002 meter. Air terjun ini terletak di Taman Nasional Canaima, Venezuela. Air terjun ini lebih tinggi 19 kali dari air terjun Niagara.
Air terjun Sipiso-piso adalah air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Air terjun ini terletak di Sumatera utara.
*kemiripan* antara angel falls dan air terjun sipiso-piso sama-sama merupakan air terjun yang tinggi dan indah, tapi air terjun angel tertinggi didunia sedangkan air terjun sipiso-piso tertinggi di Indonesia.
  • Cliffs of Moher mirip dengan tebing Uluwatu
Cliffs of Moher
Cliffs of Moher
Uluwatu Cliff ( jurang Uluwatu )
Uluwatu Cliff ( Tebing Uluwatu )
Cliffs of Moher merupakan tebing yang terutama terdiri dari serpihan Namurian dan batu pasir, dengan batuan tertuanya yang ditemukan dibagian bawah tebing. Disini adal saluran / aliran sungai beumur 300 juta tahun yang memotong pangkal cliffs.
Tebing Uluwatu merupakan daerah tebing karang yang terjal dan dibawahnya terdapat batu karang yang terjal juga dengan hamparan laut biru yang berupa samudera Hindia. Tepat diujung terdapat sebuah pura yang indah.
*kemiripan* anatara Cliffs Of Moher ( tebing moher ) dan tebing uluwatu sama-sama merupakan tebing yang indah dan terkenal.
  • Jeita Grotto mirip dengan Gua Gong
Jeita Grotto
Jeita Grotto
Gua Gong
Gua Gong
Jeita Groto adalah Gua yang terletak di Lebanon. Dalam Gua ini terdapat stalagtit dan stalagmit dalam berbagai bentuk dan warna. Panjang total gua lebih dari 9000 meter dan ada satu diantara stalaktit berukuran 8,20 meter yang menjadi stalaktit terbesar didunia.
Gua Gong merupakan salah satu gua di Pacitan dan disebut-sebut sebagai gua terindah di Asia Tenggara. Gua Gong memiliki stalaktit dan stalakmit yang masih hidup yang terus berair dan berkilau. Berbagai ornamen terbentuk oleh stalagtit dan stalagmit dan yang unik adalah stalagmit dan stalagtit jika dipukul dengan tangan kosong akan berbunyi seperti gong.
*Kemeripan* antara Jeita Groto dan Gua Gong merupakan sama-sama gua yang memiliki stalagmit dan stalagtit yang indah dan berbagai bentuk.
  • Amazon mirip dengan hutan tropis indonesia
Amazon
Amazon
Hutan di Indonesia
Hutan di Indonesia
Amazon meliputi 7 juta kilometer persegi sedangkan hutannya 5.500.000 kilometer persegi. Amazon mewakili setengah dari hutan hujan yang ada di bumi dan memiliki biodiversitas hutan tropis terkaya didunia.
Hutan Tropis Indonesia merupakan hutan tropis terluas ke 3 didunia setelah Brasil dan Republik Demokrasi Kongo. Sekitar 40 % hutan tropis didunia ada di Indonesia yang mengandung keanekaragaman hayati sangat besar dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan biodiversitas tertinggi ke 2 setelah Brazil.
*Kemiripan* antar Amazon dan hutan tropis Indonesia sama-sama hutan hujan tropis yang sangat berpengaruh dalam menjaga iklim dunia serta menyimpan keanekaragaman hayati yang paling besra didunia.
  • Great Barier Reef mirip dengan Karang Penghalang Spermande
Great Barier Reef
Great Barier Reef
Spermande
Spermande
Great Barier Reef (karang penghalang besar) adalah sistem terumbu karang terbesar di planet ini, dengan sekitar 300 karang dan 900 pulau diwilayah sekitar 344.400 kilo meter persegi.
Karang penghalang Spermonde terletak di zona terluar kepulauan spermonde dengan jarak 30 kilo meter dari daratan utama Sulawesi. Spermonde memiliki keanekaragaman karang yang cukup tinggi.
*kemiripan* antara Great Barier Reef dan Karang Penghalang Spermonde merupakan sama-sama terumbu karang berbentuk karang penghalang yang melindungi daratan dari hemburan ombak yang besar.
  • Halong Bay mirip dengan Raja Ampat
Halong Bay
Halong Bay
Kepulaun Raja Ampat
Kepulaun Raja Ampat
Halong Bay (teluk Halong) memiliki ribuan pulau karst dalam berbagai bentuk dan ukuran. Diperairannya terdapat 200 jenis ikan dan 450 jenis moluska. Halong Bay memiliki banyak danau di pulau-pulau batu kapur.
Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dilokasi kepala burung Papua. Periran raja ampat merupakan satu dari 10 perairan terbaik untuk diving. Diperairan ini terdapat 450 jenis karang keras, lebih dari 1000 jenis karang ikan, 700 jenis moluska, dan catatan tertinggi bagi gonodactyloid stomatopod crustaceans.
*kemiripan* antara halong bay dan raja ampat sama-sama memiliki pulau-pulau kecil diperairannya dan banyak jenis ikan serta terumbu karang.
  • Sundarbans mirip dengan Hutan Mangrove di Bali
Sundarbans
Sundarbans
Hutan Mangrove di Bali
Hutan Mangrove di Bali
Sundarbans delta terletak dimuara sungai gangga merupakan hutan mangrove terbesar didunia, menyebar keseluruh bagian Bangladesh dan Bengal barat, India. Sundarbans memiliki banyak fauna seperti harimau royal bengal, rusa tutul, buaya, ular dan burung.
Hutan mangrove di Bali terletak di Taman hutan raya Ngurah Rai, Bali. Hutan mangrove ini seluas 1.343,5 hektar. Kawasan hutan mangrove ini merupakan yang terbaik di Indonesia bahkan sekawasan Asia.
*kemiripan* antara Sundarbans dan Hutan mangrove di Bali sama-sama merupakan hutan mangrove yang mempunyai gelar membanggakan, Sundarbans terbesar didunia sedangkan Hutan mangrove di Bali terbaik di Asia. Hutan mangrove ini juga merupakan tempat banyak fauna hidup.
Itulah Finalis 7 keajaiban dunia yang mirip dengan alam di Indonesia. Dengan hal ini semoga kita dapat lebih mengetahui kekayaan alam yang dimiliki Indonesia dan semakin menambah rasa cinta tanah air kita terhadap Indonesia. Jangan lupa untuk vote komodo sebagai 7 keajaiban dunia alam di http://www.new7wonders.com

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: