Senin, April 04, 2011

Periode ini dimulai dari awal-awal abad kedua hijriyah dan berlanjut hingga pertengahan abad keempat hijriyah. Fiqih dimasa ini mengalami perkembangan pesat dan mengagumkan. Mengalami kematangan secara sempurna. Dan memberikan hasil yang baik bagi ummat islam dan juga Negara islam.
Pada periode ini muncul tokoh-tokoh ulama fiqih. Para mujtahid besar muncul di masa ini dan mendirikan madzhab fiqih yang sebagian besarnya masih bertahan hingga kini.

Pada periode ini pula fiqih dikodifikasi. Kaidah-kaidahnya ditetapkan. Kajian-kajiannya yang berserakan dikumpulkan. Dan berbagai buku yang membahas masalah-masalah fiqih dirangkum. Sebagaimana fiqih, dikodifikasi pula as-Sunnah secara lengkap disertai penjelasan mengenai status shohih atau dho’if dari setiap hadits yang ada.
Periode ini disebut dengan sebutan yang bermacam-macam. Mencerminkan keistimewaan periode ini dan mengungkapkan kondisi fiqih yang ada. Periode ini disebut dengan masa keemasan fiqih, masa kecemerlangan fiqih, masa kodifikasi fiqih atau juga di sebut dengan masa para mujtahid.

SEBAB KECEMERLANGAN FIQIH PADA PERIODE INI:
1. Perhatian para kholifah “Abbasiyah terhadap fiqih dan Fuqoha.
2. Meluasnya Negara islam.
3. Lahirnya mujtahid-mujtahid besar yang memiliki kemampuan fiqih yang mendalam.
4. Kodifikasi as-Sunnah dan telah diidentifikasi antara yang shohih dan dho’if sehingga memudahkan Fuqoha dalam menggali hukum-hukum syar’i.
LAHIRNYA MADZHAB-MADZHAB FIQIH
Pada periode ini lahir madzhab-madzhab islami dengan cirri khas dan orientasi masing-masing. Setiap madzhab memiliki banyak pengikut yang mengajarkan pendapat-pendapatnya dan menerapkan manhajnya.
Dalam setiap madzhab disusun sejumlah kitab fiqih. Kitab-kitab tersebut menjadi dasar bagi kitab-kitab fiqih sesudahnya. Para Fuqoha dari berbagai madzhab merumuskan dasar-dasar istinbath dan kaidah-kaidah penyimpulan hukum. Misalnya Imam as-Syafi’i menulis kitab ar-Risalah.

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar: