Jumat, Juli 29, 2011

SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN


SPM adalah Suatu alat dari alat-alat lainya untuk mengimplementasikan strategi yang berfungsi untuk memotivasi anggota-anggota organisasi guna mencapai tujuan organisasi

Definisi lain :
SPM adalah Perolehan dan penggunaan informasi untuk membantu mengkoordinasikan proses pembuatan perencanaan dan pembuatan keputusan melalui organisasi dan utnuk memandu perilaku manajemen

Proses Hubungan Atasan dalam Pengendalian Manajemen :
1. Komunikasi Agar bawahan bertindak secara efektif, maka mereka harus tahu apa yang harus dikerjakan
2. Motivasi Bawahan diberi motivasi untuk menyelesaikan tugasnya
3. Evaluasi  Efisien dan efektifnya bawahan dalam melakukan tugasnya harus dievaluasi oleh manajer

Metodologi Pengendalian manajemen :
1. Menentukan tujuan.
2. Pengukuran prestasi
3. Evaluasi prestasi

Kerangka kerja untuk penerapan strategi :

Pengendalian Manajemen

Strategi  Struktur organisasi Manajemen SDM Kinerja


Kebudayaan

Ukuran kineja SPM :
1. Kinerja finansial  ROI, ROE, NI, Laba. Nilai saham
2. Kinerja Non-finansial  mutu produk, pangsa pasar, kepuasan pelanggan, pengantaran tepat waktu dan motivasi kerja karyawan

Faktor lingkungan yang mempengaruhi pengendalian manajemen :
1. Perilaku Organisasi
2. Pusat Pertanggujawaban

Proses Pengendalian Manajemen :
1. Perencanaan Strategi
2. Penyusunan Anggaran
3. Pelaksanaan Anggaran
4. Evaluasi Kinerja



Formulasi Strategi Proses memutuskan tujuan organisasi dan strategi untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Perbedaan formulasi strategi & Pengendalian manajemen :
- Formulasi strategi  Proses pengambilan strategi baru
- Pengendalian Manj.  Proses pengimplementasian strategi tsb

Pengendalian Tugas  Proses untuk memastikan bahwa tugas yang spesifik dilaksanakan secara efektif dan efisien

Perbedaan Pengendalian Tugas dan Pengendalian Manajemen :

Pengendalian Tugas Pengendalian Manajemen
1. Bersifat scientific dengan persamaan2 ekonomi
2. Interkasi antar manusia tidak secara keseluruhan
3. Fokus pada tugas spesifik pada unit organisasional
4. Berhubungan dengan tugas-tugas meliputi:
a.Perilaku manajer
b. Interaksi antara manajer dengan manajer 
c. Fokus pada unit organisasional 
d. Memperhatikan secara luas aktivitas para manajer dalam pengambilan keputusan

Dampak internet terhadap Pengendalian Manajemen :
1. Akses secara mudah dan cepat
2. Komunikasi manjadi multi-target
3. Komunikasi berbiaya rendah
4. Kemampuan menampilkan citra tertentu
5. Pergeseran kekuatan dan kendali individu

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JSIiysNe

Artikel yang Berhubungan



Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-widget-artikel-yang.html#ixzz1JNBpubYr

0 komentar:

Bookmark and Share